Dampak Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan dalam Industri Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia

  • Herna Deswarti MAN 1 Kota Palu
  • Muhammad Akbar MAN 1 Kota Palu
  • Freddy Herdian UIN Datokarama Palu
Keywords: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan asing, Nilai Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Property and Real Estate Di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan analisis regresi data panel. Penelitian ini mengambil objek pada perusahaan property and real estate yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2010-2019. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai jenis penelitian yang bersifat kausalitas, dimana terdapat hubungan antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah ekstraksi database yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara langsung. Ekstraksi database dilakukan dengan mempelajari catatan atau informasi keuangan yang diperlukan dalam menguji hipotesis dan melakukan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kepemilikan yang terdiri dari kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan kepemilikan asing secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajerial secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan institusional secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan asing secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

References

Apriada K, S. S. . (2016). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Struktur Modal Dan Profitabilitas Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(2), 201–218.

Asnawi, Ibrahim R, S. M. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 5(1).

Astuti, L., & Setiawati, E. (2014). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Kebijakan Hutang, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010 – 2012). Universitas Muhammadiyah Surakaarta.

Dewata Evada, B. I. (2012). The Effect Of Ownership Structure on Firm Value in Indonesia. EBES 2012 Istanbul Conference.

Elrika, V. (2016). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. Yogyakarta.

Makhdalena. (2016). Pengaruh Ownership Structure and Corporate Performance terhadap Firm Value. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 20(3), 388–412.

Pratamasyari, D. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Tabungan Emas di Pegadaian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 4(2).

Putra Tampaty Pratama A., Y. I. (2019). The Effect Of Ownership Structure and Leverage On Firm Value (Case Study On Banking Companies Listed In Indonesia Stock Exchange In 2014-2018). E-Proceeding Of Management, 6(2).

Salmita, D. (2023). Analisis Risk Management Disclosure :Leverage, Profitabilitas dan Kepemilikan Publik (Studi pada Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 5(1), 1–100.

Sissandhy K.A, S. (2014). Pengaruh Kepemilikan Asing Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Accounting, 3(2), 1–7.

Subadriyah. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan

Published
2023-11-27
Section
Articles