Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Tabungan Emas di Pegadaian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderating

  • Dede Arseyani pratamasyari UIN Datokarama Palu
Keywords: Kualitas pelayanan, keputusan nasabah, kepercayaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam menabung tabungan emas di Pegadaian dengan kepercayaan sebagai variabel moderating (Studi Pada PT. Pegadaian KC Talise Kota Palu). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Sampel  dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan metode rumus slovin. Dengan Moderated Regression Analysis (MRA). Data diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan  berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung Tabungan Emas di Pegadaian KC Talise dan variabel Kepercayaan dapat memoderasi kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah menabung Tabungan Emas di Pegadaian KC Talise. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi pegadaian agar menigkatkan penjualan dan iklan seperti menyebarkan spanduk, poster atau berkunjung di tempat keramaian untuk menjelaskan mengenai produk pegadaian dan membuat inovasi-inovasi baru agar menarik nasabah untuk menggunakan produk Tabungan Emas di Pegadaian KC Talise sehingga dapat mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk tersebut.

References

Andi Fauziah dan Tenripada “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Resiko Terhadap Penggunaan E-Bangking (Survei Pada Nasabah BRI Syariah di Kota Palu)” Dalam Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah Vol. 3 No. 1).

Ade Syarif Maulana “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI” Jurnal Ekonomi 7 No. 2, (November 2016), 117.

Didik Prayitno “Kualitas Pelayanan Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderasi” dalam Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 15 No. 3 (September 2015). 321.

Dwi Mastia Harlan, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, dan Resiko Terhadap Minat Bertransaksi menggunakan E-Banking” (Skripsi tidak diterbitkan, Akuntansi, Yogyakarta,2014), 43.

Dwi Wahyuni, Pegawai Pegadaian KC Talise “Wawancara” Tanggal 9 Desember 2021.

Erwin Adi Wijaya dkk, “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Galaxy Series Pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis”. http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/57064/Erwin%20Adi%20Wijaya%20%20 0909102020281.pdf?sequence=1 (27 Agustus 2021).

Etta Mamang Sangadji dan Sopiah, Perilaku Konsumen,

Erlangga, Heri, Nurjaya Nurjaya, Denok Sunarsi, Mahnun Mas’adi, and Jasmani Jasmani. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro.” Jurnal Ilmiah PERKUSI 1, no. 4 (2021): 464. doi:10.32493/j.perkusi.v1i4.13383.

Malayu Hasibuan, Dasar-Dasar Perbankan (Cet, XI; Jakarta : Bumi Aksara, 2001), 153.

Nella Agape 2019”ANALISIS KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PENGARUH PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA DARING DI TOKOPEDIA (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)” repository universitas Muhammadiyah Surakarta

Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu). Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 2(1), 87-104.

Nur Wahana Fajri, “Analisis Prinsip Ekonomi Islam Terhadap Operasional Produk Investasi Emas Pada Pegadaian Syariah: Studi Pegadaian Syariah Cabang Hasanudin Gowa” (Tesis – UIN Alaudin Makasar, 2017), 14.

Pak Mubin Husin. Pimpinan Pegadaian KC Talise “Wawancara” Tanggal 16 November. 2021.

Pegawai Pegadaian KC Talise “Wawancara” Tanggal 9 Desember 2021.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran terjm. Bob Sabran Jilid I edisi 1, (Jakarta: Erlangga, 2008), 166.

Rahayu Aprilia Adhiningsih “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Mega Syariah Cabang Palu” (Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, Program Studi Perbankan Syariah, 2019).

Tony Wijaya, Manajemen Kualitas Jasa (Desain Servqual, QFD, dan Kano), (Cet. I; Jakarta: PT Indeks, 2018),

Wiku Suryomurti, Super Cerdas Investasi Syariah: Hidup Kaya Raya, Mati Masuk Surga, (Cet. I; Bandung: Qultum Media, 2011), 86.

Published
2022-12-30
Section
Articles