Analisis Penerapan Sharia Compliance Pada Produk Pembiayaan BSI KUR Mikro di Bank Syariah Indonesia

  • Uswatun hasanah Nurul fitriani Instut Agama Islam Negeri Kudus
  • Kharis Fadlullah Hana Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Nurul Fitiani Institut Agama Islam Negeri Kudus
Keywords: Sharia Compliance, Islamic Banking, BSI KUR Micro

Abstract

Penerapan kepatuhan syariah merupakan syarat mutlak yang harus dilaksanakan oleh Perbankan Syariah dengan menggunakan fatwa DSN MUI sebagai alat ukur kepatuhan terhadap prinsip Syariah. Namun, dalam prakteknya tidak semudah yang dibahas dalam teori, masih banyak kejadian yang rawan kesalahan syar’i. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian penerapan Syariah Compliance pada produk pembiayaan KUR-Mikro BSI di Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengambil informasi melalui wawancara. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan karyawan dan nasabah Bank Syariah Indonesia cabang Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Bank Syariah Indonesia telah memenuhi prinsip syariah, karena semua teransaksi dan kegiatan berdasarkan fatwa DSN MUI, dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah. Kedua, produk pembiayaan KUR-Mikro BSI sudah sesuai dengan prinsip syariah karena tidak semua usaha dapat dibiayai oleh BSI KUR-Mikro, tetapai hanya usaha yang berpotensi halal. Hasil ini memberikan rekomendasi bagi peneliti selanjutnya untuk menganalisis kepatuhan syariah tidak hanya dari penilaian karyawan dan nasabah, tetapi juga melihat kepatuhan syariah melalui Dewan Pengawas Syariah (DPS) secara langsung.

References

Ayif, Fathurrahman, and Yuyun Setiawansi. “Determinan Dana Pihak Ketiga Bank Umum Syariah Di Indonesia.” JIEI 7, no. 1 (2021): 226–236.

Jalil, A., & Hamzah, S. A. (2020). PENGARUH BAGI HASIL DAN KEBUTUHAN MODAL TERHADAP MINAT UMKM MENGAJUKAN PEMBIAYAAN PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI KOTA PALU. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 2(2), 178-198.

H., Masni. “Analisis Penerapa Shariah Compliance Dalam Produk Bank Syariah |Masni H. | Jurnal Hukum Ekonomi Syariah.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 3, no. 2 (2019): 119–137.

H, Masni. “Analisis Penerapa Shariah Compliance Dalam Produk Bank Syariah.” Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 3, no. 2 (December 2019): 118–137.

Hidayah, Nur, Djauhar Edi Purnomo, and Hidayah Rini. “Pengaruh Sharia Compliance Dan Islamic Corporate Governance Terhadap Kesehatan Finansial Perbankan Syariah.” Neraca 16, no. 2 (2020): 1–28.

Ilyas, Rahmat. “Manajemen Permodalan Bank Syariah.” BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam 5, no. 2 (2018): 323.

———. “Peran Dewan Pengawas Syariah Dalam Perbankan Syariah.” JPS (Jurnal Perbankan Syariah) 2, no. 1 (2021): 42–53.

Intan Apsari, Phatriakalista, Arin Setiyowati, and Fatkhur Huda. “Implementation Of Synergy Of Zis Fund Management In Sharia Banking And Zakat Management Organizations (Opz) For Strengthening The Zakat Ecosystem.” Perisai : Islamic Banking and Finance Journal 6, no. 1 (2022): 1–16.

Janah, Ita Miftahul, and Sunan Fanani. “Analisis Kepatuhan Syariah Pembiayaan Musyarakah Pada Bprs Amanah Sejahtera Gresik.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 7, no. 1 (2020): 151.

Kurrohman, Taufik. “Akad Pembiayaan Syariah Yang Sesuai Dengan Maqasid Syariah Dalam Perbankan Syariah.” Jurnal Surya Kencana Satu : Dinamika Masalah Hukum dan Keadilan 11, no. 1 (2020): 115.

Maslihatin, Aini, and Riduwan Riduwan. “Analisis Kepatuhan Syariah Pada Bank Syariah: Studi Kasus Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.” Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah) 4, no. 1 (2020): 27–35.

Mongkito, Abdul Wahid, Trisno Wardy Putra, Muhammad Imran, Kiki Novita, and Andi Nasrawati Ansar. “Implementasi Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (Kur) Mikro Syariah Dalam Pengembangan Usaha Mikro.” Robust: Research of Business and Economics Studies 1, no. 1 (2021): 91.

Mulazid, Ade Sofyan. “Pelaksanaan Sharia Complience Pada Bank Syariah( Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri , Jakarta ).” Madania 20, no. 1 (2016): 37–54.

Noor, Saiz, and Suprayogo. “Wawancara,” 2022.

Nurul Inayah. “‘PASTI OKE’ BUDAYA KERJA ISLAMI BRISYARIAH DAN PENGARUHNYA PADA KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada BRIsyariah Kantor Cabang Banyuwangi).” Malia (Terakreditasi) 10, no. 2 (2019): 269–286.

Pramiana, Omi, and Nur Anisah. “Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Prespektif Shariah Enterprise Theory.” Eksis 13, no. 2 (2018): 1–14.

Susilo, Edi. Analisis Pembiayaan Dan Risiko Perbankan Syariah. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Widiastuti, Rahayu, Maria Rio Rita, and ... “Apakah Kredit Usaha Rakyat (KUR) Berdampak Pada Kinerja Usaha?: Studi Pada UMKM Makanan Ringan Di Kota Salatiga.” Jurnal Visi Manajemen 2, no. 2 (2017): 100–115.

Yarmunida, Miti. “Dimensi Syariah Compliance Pada Operasional Bank Syariah.” Al-Intaj : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 4, no. 1 (2018): 140–154.

Yenti, Fitri, Elfadhli, Burda Hospi, and Khairiah Elsa. “Kepatuhan Syariah (Syariah Compliance): Penerapannya Pada Bank Nagari Cabang Syariah Solok.” mataram 10, no. 2 (2021).

“BSI | Bank Syariah Indonesia.”

Published
2022-12-30
Section
Articles