Analisis Minat Nasabah Non- Muslim Untuk Melakukan Pembiayaan Pada PT. BPRS Gebu Prima Medan

  • Rifani Anggraini, Nurul Inayah UINSU
  • Nurul Inayah Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: katakunci_Nasabah, katakunci_Non muslim, katakunci_BPRS, katakunci_4faktor internal, katakunci_5faktor eksternal.

Abstract

Bank syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah atau prinsip hukum islam. Semakin berkembangnya zaman bank syariah tidak hanya memiliki nasabah dari kalangan umat muslim tetapi juga masyarakat non muslim yang mulai berkontribusi untuk menjadi nasabah bank syariah, seperti PT. BPRS Gebu Prima Medan juga memiliki nasabah aktif yang non muslim. Seperti yang diketahui non muslim yaitu orang yang mempunyai kenyakinan yang berbeda dengan agama islam. PT. BPRS Gebu Prima Medan adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, karena data yang diperoleh dari hasil pengamatan langsung di PT. BPRS Gebu Prima Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dari penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang berupa gambaran tentang faktor – faktor apa saja yang memengaruhi non muslim menjadi nasabah. data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku – buku yang berkaitan dengan permasalahan yang peneliti ambil.  dari yang diteliti penulis menemukan terdapat dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu pekerjaan, motivasi. Sedangkan faktor eksternal yaitu, promosi, pelayanan, lokasi, dan tingkat sosial. Berdasarkan hasil penelitian maka dari variable faktor internal dan eksternal yang diteliti, dan variable yang dominan mempengaruhi minat nasabah non muslim menjadi nasabah PT. BPRS Gebu Prima Medan yaitu variable faktor eksternal, seperti: promosi, pelayanan dan lokasi yang mendominan. Semakin baik promosi, pelayanan yang diberikan oleh pihak bank maka minat nasabah non muslim menjadi nasabah di bank syariah semakin tinggi.

References

Al – arif. 2012. Dasar – Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung, Alfabeta. H.189.

Alguad, L. M., dan Lewis, M. K.,2003. Perbankan Syariah PraktikProspek. Jakarta: PT. serambi Ilmu Semesta.

Abdul Amrin, 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah (Jakarta: PT. Grasindo), h. 62

Dimas Pratomo, 2015. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Masyarakat

Fajar Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran (Yogyakarga; Graha Ilmu), h.133.

Jalil, A., & Hamzah, S. A. (2020). PENGARUH BAGI HASIL DAN KEBUTUHAN MODAL TERHADAP MINAT UMKM MENGAJUKAN PEMBIAYAAN PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI KOTA PALU. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 2(2), 178-198

Kotler. 1997. Manajemen Pemasaran, jilid kedua. Jakarta. PT. Prehalindo. H. 162.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan, Ke – 7. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada. H. 353

Lip Nurhipnudin, (2015)“Analisis Faktor- faktor yang mempengaruhi Minat Bertransaksi Mahasiswa Non muslim pada Bank syariah (Studi kasus Pada Mahasiswa Sanata Dharma Yogyakarta)”, Skripsi (Yogyakarta: Fakultas Syari‟ah dan hokum, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,)

Marlina Ayu Apriyantini, (2014)“Faktor yang mempengaruhi Non muslim Menjadi Nasabah Bari Syariah Yos Sudarso Yogyakarta”, Skripsi (Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta,).

Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta, UPP AMPYKPN. H. 42.Non Muslim Terhadap Bank Syariah” (Studi pada masyarakat Non muslim di Kecamatan Lengkapura Bandar Lampung) Skripsi (Lampung Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Raden Intan Lampung

Philip Kotler. 2010. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta: Prenhallindo.

Priansa Donni. 2017. Manajemen Pelayanan

Prima. Bandung. Alfabeta. H. 164.

Rivai. 2004. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced scoreced. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama. H. 106.

Sujanto Agus, 2009. Psikologi Umum. Jakarta. PT. Bumi Aksara, H. 92.

Shaleh & Wahab. 2004. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Sastrohadiwiryo. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Pendekatan Administrasi dan Operasional. Jakarta, Bumi Aksara. H. 267.

Sedyana. 1995. Perilaku Konsumen, Bandung : Presko.

Zulpahmi. 2010. Faktor – faktor yang dipertimbangkan mahasiswa dalam pemilihan karir akuntan, jurnal penelitian Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka di Jakarta

Published
2022-06-29
Section
Articles